Olahan Seafood Lezat dari Seluruh Dunia

Olahan-Seafood-Lezat-dari-Seluruh-Dunia

Bicara soal seafood siapa yang tidak doyan (kecuali untuk yang alergi) ? Sesuai dengan namanya seafood (=makanan laut) adalah salah satu kuliner yang menggunakan bahan baku hewan-hewan laut seperti kepiting, lobster, ikan, udang, cumi, hingga gurita.

Salah satu kuliner dunia yang paling banyak diburu, seperti yang dapat kalian lihat di beberapa channel Youtube bahwa orang membuat postingan sedang makan masakan seafood. Katanya selain rasanya yang lezat dan gurih ternyata makanan seafood memiliki gizi yang cukup tinggi bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Di Indonesia sendiri olahan seafood cukup terkenal dan begitu banyak diminati, kalian dapat menyicipi hidangan ini baik direstoran sampai dengan kaki lima. Namun tahukah kalian selain di Indonesia masih banyak negara lainnya juga terkenal memiliki sajian berbahan baku hewan laut yang tidak kalah lezat dan gurih.

 Sesuai dengan judul yang sudah tertera mengenai Olahan Seafood Lezat dari Seluruh Dunia, disini info dunia unik sudah merangkum hidangan bawah laut dari berbagai negara untuk para pembaca.

Fish & Chip – Inggris

Ini dia olahan ikan yang saat ini tengah populer di Indonesia. Berupa daging ikan kod atau dori berlumur tepung renyah yang disajikan bersama kentang goreng dan saus tartar, Fish and Chips sebenarnya merupakan sajian tradisional yang berasal dari Inggris.

Baca Juga : Tanda Anda Tidak Dihargai Dalam Tempat Kerja

Pada awalnya, fish and chips merupakan hidangan yang hanya disantap oleh masyarakat kelas bawah di negaranya. Dan, seiring dengan kepopulerannya yang terus menanjak, kini Fish and Chips dapat dengan mudah ditemukan di kafe hingga restoran mewah, menjadi salah satu kuliner seafood yang wajib untuk dimasukan kedalam daftar kalian.

Moules Marinieres – Perancis

Bila tadi datang dari menu seafood ikan, maka kali ini datang dari salah satu hewan bawah laut yang memiliki cangkang keras yakni kerang hijau. Kerang adalah salah satu hewan yang paling banyak diburu untuk dijadikan sebagai masakan seafood, berbagai olahan dari kerang pastinya cukup gurih. Sama seperti masakan yang datang dari negara menara Eiffel ini yakni Moules Marinieres.

Moules marinieres merupakan hidangan tradisional berbahan seafood favorit warga Perancis. Sajian lezat ini terbuat dari kerang yang dimasak dengan bawang, krim, dan wine yang membuat rasanya menjadi unik. Sambil berkumpul bersama keluarga saat liburan, warga Prancis biasa menyajikan moules marinieres ditemani garlic bread dan segelas wine.

Chili Crab – Singapura

Datang dari negara tetangga Singapura ketam cili atau chilli crab, hidangan ini terbuat dari kepiting ukuran besar yang dimasak dengan bawang, cabai, pasta tomat, telur, dan beberapa bumbu penyedap lainnya. Rasanya yang pedas dengan kuah kental membuat ketam cili nikmat disantap dengan sepiring nasi hangat. Selain itu kocokan telur pada kuah membuat rasanya semakin gurih dan creamy.

Yum Pla Muk – Thailand

Bila kalian hanya mendengar dari namanya saja maka akan terasa sangat aneh. Namun jangan salah dulu, Yum Pla Muk ini merupakan salah satu kuliner khas dari Thailand yang cukup terkenal dan banyak dicari oleh para turis. Selain tom yum goong, Thailand juga memiliki hidangan seafood lain bernama yum pla muk yang tak kalah segar. 

Bukan berupa sup, yum pla muk adalah salad khas negeri gajah putih yang terbuat dari gurita rebus bercampur bumbu segar seperti bawang, jahe, daun seledri, dan cabai pedas. Ditambah perasan lemon, cita rasa yum pla muk yang menyegarkan sangat nikmat disantap saat makan siang. Selain itu, sajian ini juga rendah lemak, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Hitsumabushi – Jepang

Jepang memang jagonya bila sudah berurusan dengan masakan seafood. Salah satu hidangan seafood asal negara ini yang cukup terkenal dan sempat booming di dunia yakni sashimi ikan fugu. Namun kali ini kami bukan ingin membahas tentang ikan beracun tersebut melainkan salah satu sajian seafood lainnya yang bernama Hitsumabushi.

Hitsumabushi merupakan makanan tradisional Nagoya berupa unagi atau belut laut panggang yang disajikan di atas nasi hangat bersama taburan rumput laut. Uniknya, sebelum disantap, nasi unagi akan disiram dengan kuah kaldu yang ditempatkan dalam wadah sejenis teko terlebih dahulu. Bahkan, pada zaman dahulu, hitsumabushi yang asli disajikan bersama siraman ocha / teh hangat.

Kalau kalian adalah seorang pecinta kuliner seafood maka daftar diatas ini boleh kalian masukan kedalam daftar untuk dicicipi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *